Tekan tombol untuk:

Salam hangat bagi sahabat

 

Di awal tahun 2016, Dalang Publishing mendapat kabar sangat menggembirakan. Tanpa diduga, seorang wanita yang memiliki kecintaan dan kepedulian terhadap sastra dan bahasa Indonesia menyambangi Dalang. Beliau menyatakan kesediaannya membantu, berjuang, dan rela beriring jalan bersama kami. Nama wanita ini Retna Ariastuti, cukup disapa dengan panggilan akrab Tuti.

Tuti ini seorang yang senang membaca, terutama karya sastra Indonesia. Ketika pindah ke Amerika, kesenangan tersebut berlanjut dengan membaca buku sastra berbahasa Inggris dan mulai tertarik dengan terjemahan terutama terjemahan novel sastra Indonesia. Kesenangan baru terhadap karya terjemahan inilah yang membuka dan mengantarkan kesempatan untuk berkenalan dengan Dalang Publishing.

“Pada awalnya saya hanya berniat mencoba menjadi penerjemah untuk Dalang, tetapi ditolak oleh Ibu Lian karena saya tinggal dan menetap di Amerika” begitu ungkapnya .

Dalang memang memiliki sikap tegas dalam hal ini. Semua penerjemah buku terbitan Dalang Publishing harus berasal dan menetap di Indonesia. Niat ini berdasarkan keyakinan kami bahwa putra-putri Indonesia memiliki kemampuan besar dalam membangun dan mengangkat sastra Indonesia ke panggung dunia. Keyakinan yang akan menggugah, mengajak dan mendidik setiap manusia Indonesia untuk bangga sebagai bangsa Indonesia, dan kebanggaan ini tentunya akan tercermin dari kecintaan terhadap bahasa. Memahami dan mencintai bahasa tentunya akan mampu memberikan kekuatan dan nyawa dalam terjemahannya.

Pada akhirnya, niat serta usaha ini menjadikan kami lebih mencintai Indonesia melalui karya sastra dan orang-orang yang peduli terhadap penggunaan bahasa itu sendiri.

Wanita periang dan berkemauan keras ini lahir dan besar di Bukittinggi dari Ibu asal Bukittinggi dan Bapak Madura. Setelah tamat Teknik Industri ITB, Bandung beliau kemudian mengambil gelar PhD bidang Industrial Engineering di Oregon State University. Hingga sekarang Tuti tinggal dan bekerja di Corvallis, Oregon.

Harapan dan keinginan membangun bangsa serta mempertahankan Bahasa Indonesia yang giat dijalankan Dalang Publishing telah mendapat udara segar dengan masuknya Retna Ariastuti alias Tuti. Semoga harapan, doa dan pengabdian ini menjadikan kami semua lebih baik dimasa yang akan datang.

Choose Site Version
English   Indonesian