Tekan tombol untuk:

Selamatan peluncuran buku Blood Moon over Aceh

Tanggal 9 Februari 2019 kemarin kami menghelat acara selamatan peluncuran buku Blood Moon over Aceh terjemahan Maya Denisa Saputra dalam bahasa Inggris dari Lolong Anjing di Bulan karya Arafat Nur di San Mateo, California. Acara dihadiri oleh kurang lebih duapuluhenam orang. Konsulat Jendral Republik Indonesia di San Francisco diwakili oleh Bapak Hanggiro Setiabudi (Wakil Konsul Jendral), Bapak Susapto Anggoro Broto (Konsul Protokol Konsuler), Ibu Riena Dwi Astuty (Konsul Pensosbud) dan Ibu Cindy German. Tampak juga di antara para tamu undangan adalah Ibu Sylvia Tiwon, (professor bidang South and Southeast Asian Studies dari Universitas UC Berkeley), Ibu Virginia Shih, pustakawati SOEA Library dari UC Berkeley, dan Ibu Jacqueline Siapno (salah satu dari pengulas Blood Moon over Aceh).

Selain dari menguraikan pentingnya tulisan Arafat Nur, Ibu Jacqueline Siapno dengan murah hati membagi pengalaman pribadinya semasa tinggal di Aceh.

Acara selamatan berjalan dengan lancar dan penuh kehangatan meskipun di luar hujan turun cukup deras di sertai angin kencang.

Ibu Lian membuka acara dengan memberikan kata sambutan dan menyerahkan buku Lolong Anjing di Bulan berikut terjemahannya Blood Moon over Aceh kepada Bapak Hanggiro untuk perpustakaan KJRI di San Francisco. Sambil menerima buku-buku itu, beliau menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaannya atas usaha Dalang Publishing dalam mengangkat sastra Indonesia ke dunia Barat.

Bapak Hanggiro juga membagi keterkaitan pribadi dengan Aceh dan kemukakan bahwa pemerintah tetap berusaha untuk membangun Aceh.

Acara lalu dilanjutkan dengan sajian makan malam yang dimulai dengan melakukan upacara pemotongan tumpeng dan memberikannya kepada Bapak Hanggiro sebagai penghormatan. Karena ceritanya berasal dari Aceh kami sajikan masakan khas Aceh ayam tangkap dan plik’eu antara lauk untuk nasi tumpeng. Hidangan makan malam yang  dipersiapkan oleh Agem itu segera dinikmati para hadirin.

Selamatan buku Blood Moon over Aceh sekaligus juga adalah pengalaman pertama bagi Retna Ariastuti untuk menguji kesiapan dan kemampuannya dalam menyampaikan pemaparan buku-buku terbitan Dalang Publishing di masa yang akan datang. Dengan lancar dan baik Tuti berhasil membawakan pemaparan buku ini yang dipersiapkannya dengan rapih.

Seperti biasa acara diakhiri dengan pembagian buku kepada para tamu undangan yang telah memperhatikan segala penjelasan dan pembacaan cuplikkan buku Blood Moon over Aceh yang dibacakan oleh Ibu Lian.

 

 

Choose Site Version
English   Indonesian