Tekan tombol untuk:

Selamatan Peluncuran Buku Dasamuka

 

Hari Sabtu tanggal 20 Mei 2017 lalu adalah hari yang penuh berkat dan rahmat bagi Dalang Publishing. Setelah satu tahun persiapan, sebuah naskah penulis Indonesia telah rampung dan menjadi sebuah karya sastra terjemahan yang layak kami persembahkan. Untuk itu kami pun menggelar acara selamatan atas ujud rasa syukur kami.

Acara yang diselenggarakan di Multi Purpose Room, Highlands Recreation Center di San Mateo, California itu dihadiri oleh kurang lebih 30 orang tamu undangan. Kami merasa terhormat dan mendapat dukungan dengan hadirnya Bapak Hanggiro Setiabudi, Bapak F Bernard Loesi, dan Ibu Riena Sarjono dari Konsulat Jendral Republik Indonesia, San Francisco. Kehadiran mereka mewakili pemerintah yang mendukung penerbitan karya sastra Indonesia di Amerika. Acara juga dihadiri oleh diantaranya Sylvia Tiwon, professor bidang South and Southeast Asian Studies dari University of California, Berkeley, Virginia Shih, pustakawati SOEA Library UC Berkeley, dan Cynthia Rider, pustakawati dari Main Burlingame Public Library.

Bapak Hanggiro Setiabudi yang mewakili Bapak Ardi Hermawan, Konsul Jendral Republik Indonesia di San Francisco, memberikan kata sambutannya, dilanjutkan dengan penyerahan buku karya asli berbahasa Indonesia dan buku karya terjemahan bahasa Inggris oleh Ibu Lian Gouw.

Dasamuka adalah karya Junaedi Setiyono seorang pengajar Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Muhammadiyah, di Purworejo. Karya itu diterjemahkan kedalam bahasa Inggris oleh Maya Denisa Saputra.

Dasamuka telah berhasil mendapat pujian dari beberapa orang terpelajar di Indonesia maupun di Amerika. Pujian ini dapat dibaca melalui sampul belakang bukunya dan di halaman buku situs kami.

Pada acara selamatan, kami juga sekaligus memperkenalkan Retna Ariastuti, yang akrab disapa Tuti, sebagai anggota baru Dalang Publishing. Beliau didaulat oleh Ibu Lian sebagai orang yang akan membantu mempertahankan kelangsungan Dalang Publishing dimasa yang akan datang.

 

Acara selamatan yang berlangsung sore itu berjalan dengan baik dan lancar. Setelah tumpeng disajikan kepada Pak Hanggiro Setiabudi para hadirin pun dipersilahkan menikmati nasi tumpeng dengan lauk rendang, telur dan udang balado, ayam goreng kuning, sambel goreng, kering tempe, dan urap-urap. Sebagai penutup kami sajikan kue lapis Surabaya dan kue Pepe. Penataan meja dengan hiasan bunga warna merah dan putih serasa begitu anggun. Alunan musik keroncong tak lupa memenuhi ruang pertemuan.

Acara ditutup dengan menampilkan powerpoint yang memperlihatkan tempat dan tokoh-tokoh yang muncul dalam cerita, dan pembacaan beberapa halaman buku Dasamuka oleh Ibu Lian.

 

Choose Site Version
English   Indonesian